Harjanto Halim Ingin Mendalami Sinematografi

Siapa yang tidak kenal dengan Harjanto Halim. Pendiri produk minuman serbuk terkemuka di tanah air yang tinggal di Semarang ini tidak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses, namun juga aktif dalam berbagai kegiatan, baik itu yang berkait dengan pendidikan maupun budaya. Setelah sukses jadi pengusaha, tidak jarang lelaki yang telah dikarunia tiga anak ini mengisi berbagai seminar bisnis ataupun motivasi bisnis.

Tidak heran lelaki yang memiliki selera humor tinggi ini memiliki agenda acara yang cukup padat, salah satunya adalah saat menjelang perayaan tahun baru imlek kemarin. Di tengah kesibukannya sebagai penyelenggara kegiatan di Semawis, Harjanto Halim menyempatkan diri untuk mengisi acara seminar yang diselenggarakan AIESEC Undip. Dalam seminar yang berlangsung di Vina House (22/1) tersebut, lulusan Teknologi Pangan sebuah universitas di Amerika ini, banyak membagi dan memotivasi peserta dalam berbinis maupun memulai bisnis.

Pria yang selalu tampil dengan gaya rambut cepak ini mengungkapkan, untuk menjadi sukses banyak cara yang bisa dilakukan, namun dia berpesan salah satu kunci untuk memulainya adalah dengan langsung melakukan. “Do it, lakukan saja. Untuk memulai usaha jangan pernah takut denga risiko. Waktu kita kecil dan belajar berjalan kita tidak takut dengan risiko. Kenapa harus takut memulai usaha?” tantangnya kepada ratusan perserta yang hadir.

Untuk menyakinkan peserta untuk berwirausaha, Harjanto kemudian mengkritik paradigma lama yang mengatakan, pengusaha harus tegelan (tega terhadap orang lain). Menurutnya untuk menjadi pengusaha tidak harus seperti itu, karena modal utama untuk berusaha menurutnya adalah pinter dan mau bekerja keras. Modal tersebut tambahnya, sudah dimiliki peserta, karena memang sebagian peserta adalah mahasiswa.

“Untuk sukses kita harus siap bangun lebih pagi dan tidur lebih larut, selain itu kita harus tetap bergaya hidup hemat,” tandas lulusan SMA Karang Turi tahun 1984 ini. Jika ingin cepat sukses, Harjanto menganjurkan untuk pindah dari kota kelahiran. Menurutnya dengan pindah dari kota kelahiran kita keluar dari zona nyaman. Dengan begitu potensi kita akan bekerja secara maksimal.

“Banyak pengusaha yang sukses setelah menempuh cara tersebut. Mau tidak mau jika kita pindah dari kota tempat lahir kita, kita akan menemukan lingkungan baru yang membuat kita berpikir dan bekerja keras untuk bertahan hidup,” paparnya. Harjanto menyontohkan orang Padang dan orang Tegal. “Jika orang Tegal tidak meninggalkan kota kelahirannya, mana mungkin ada warteg?” tandasnya menyakinkan peserta seminar.

Selain itu, untuk mempercepat jalan menjadi pengusaha sukses, pria penyuka film The Godfather ini juga menyarankan pada peserta untuk menekuni bidang yang sesuai dengan keahlian pendidikannya. Menurutnya dengan pengetahuan dari pendidikan kita akan mampu memberi terobosan. “Saya mampu menghemat biaya produksi karena saya punya ilmunya. Ada sebuah proses produksi yang sebenarnya bisa dilewati dalam pembuatan minuman serbuk dan ini akan memangkas biaya yang cukup tinggi. Saya bisa melakukannya karena saya memiliki bekal ilmu teknologi pangan,” ungkap pria yang sebelumnya ingin menekuni dunia sinematografi ini.

“Awalnya waktu ke Amerika saya ingin kuliah di jurusan sinematografi, tapi mertua saya menyarankan untuk kuliah di bidang yang lebih prospektif. Kemudian saya memilih jurusan Teknologi Industri. Sekarang ini, keinginan saya untuk mendalami sinematografi tetap ada. Mungkin saja suatu saat saya akan mempelajarinya,” ungkap pria yang memiliki juga account di facebook ini.

One Response

  1. Kunjungan siang, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe dan gulajoss ada program kemitraan senilai 3,5 juta nett untuk keagenan dan 35 juta nett untuk distributor, jika anda berminat silahkan mail ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ telpn ke 021 23986886

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: