Bisnis Arena Permainan Tak Terpengaruh Krisis

Meskipun banyak bisnis yang lesu akibat dampak krisis global, bisnis hiburan terkadang tak terseret imbas resesi. Bisnis arena permainan keluarga misalnya, ternyata tak terpengaruh krisis. Sebab, selain banyak menyasar pangsa menengah atas, konsumennya memang para penghobi games yang fanatik.

Marketing Regional Semarang Game Fantasia, Zenko mengatakan customer di Semarang dan Yogyakarta memang dikenal maniak terhadap game. Jadi seberapapun imbas resesi, mereka tetap datang meluangkan waktu untuk nge-game. “Ada golongan tertentu, terutama yang dari member yang maniak games. Mereka tetap butuh refreshing sehingga tetap datang. Jadi tidak ada penurunan sama sekali,” ujar Zenko yang membawahi enam cabang Game Fantasia di Semarang.

Krisis global lanjut Zenko lebih banyak berimbas pada berkurangnya pengadaan mesin-mesin baru. Pasalnya, mesin-mesin game tersebut semuanya masih diimpor dari Jepang. Saat harga mata uang Yen naik, harganya ikut melonjak tinggi.

Menurutnya, masing-masing cabang Game Fantasia di Semarang mempunyai segmen masing-masing. Di Game Fantasia mal Ciputra, segmennya lebih ke umum. Di sejumlah tempat lain, segmennya lebih ke member yang banyak terdiri dari kalangan menengah ke atas. “Mereka ini punya mesin-mesin game favorit yang selalu dimainkan,” jelasnya.

Seiring perkembangan waktu, para member ini juga membentuk komunitas di area bermain. Ada komunitas yang hobi memainkan mesin dance dan lain sebagainya. Dia mengakui, jumlah member hanya 25 %, jauh lebih sedikit dari pengunjung reguler yang mencapai 75 %.
Namun, kontribusi mereka bagi pemasukan perusahaan bisa mencapai 50 % sampai 80 %. “Mereka sangat fanatik. Ada yang datang ke sini setiap dua hari sekali, bahkan setiap hari,” imbuhnya.

Agar tak bosan, pihaknya juga selalu melakukan rolling mesin game dari cabang satu ke cabang lainnya. Rolling mesin biasanya merupakan kebijakan pusat. Sedangkan cabang tinggal mengikutinya saja. “Belum tentu mesin yang di sini sepi, juga tidak digemari di cabang lain. Karena itu rolling selalu dilakukan,” ujarnya.

Untuk terus menarik pengunjung, Zenko juga selalu membuat program yang menarik. Ke depan dia bahkan berencana membuka fasilitas hotspot di tempat tersebut. Tujuannya agar orang tak sekedar datang ke Game Fantasia untuk bermain games, tapi juga melakukan aktivitas lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: