Tren Desain Rumah 2009: Minimalis Digemari, Etnik Masih Dicari

Desain rumah bergaya modern minimalis diperkirakan masih menjadi tren pada tahun 2009 ini. Pemakaian bentuk-bentuk kotak pada interior maupun eksterior diprediksi masih akan digemari. Selama satu tahun ke depan, desain rumah, tempat usaha, atau bangunan lainnya masih akan didominasi gaya yang mengesankan simple ini.

Menurut owner perusahaan kontraktor CV Graha Putra Setya, Wima Kurniawan ST gaya minimalis terlihat dari pemakaian bentuk-bentuk kotak pada ornament seperti kusen, genteng flat roof, serta tembok yang menyudut. Aksen berupa gerutan garis-garis horizontal sering dipakai untuk mempercantik bangunan. Sementara pada eksteriornya, pemasangan pagar dan kanopi besi juga banyak dikombinasi aksen garis horizontal maupun vertical. “Ada yang memakai variasi bentuk bulat-bulat, tapi jumlahnya tidak banyak,” kata pemilik perusahaan jasa pembangunan rumah dan renovasi ini.

Sedangkan pemakaian warna seperti coklat atau merah untuk fasade rumah juga masih digemari. “Tahun 2009 ini, warna seperti putih, abu-abu tua, krem akan banyak disukai. Tren warna ini mengikuti gaya rumah di daerah Jabodetabek,” katanya. Warna-warna soft tersebut mengesankan rumah yangh elegan.

Menurutnya, perabotan rumah serba kotak juga masih menjadi tren untuk menyeleraskan desain rumah. Sofa bentuk kotak, dan furniture lainnya yang serba menyudut cocok ditempatkan di dalam tempat tinggal. Menurut Wima, desain minimalis mengesankan simple karena pamakaian bahan dan finishingnya tidak terlalu banyak.

Gaya minimalis lanjut dia, sebenarnya sudah mulai disukai sejak tahun 2004. Seiring perkembangan waktu, gaya ini makin berkembang ke arah minimalis modern. Tren tersebut ditandai dengan pemakaian aksen batu alam, kayu, dan aluminium.

Selain minimalis, rumah-rumah bergaya etnik menurut perkiraan Wima juga masih digemari. “Gaya etnik ini tidak bergantung pada tren. Untuk konsumen jenis tertentu, tetap akan menyukai gaya rumah yang unik ini,” terangnya.

Dia mengatakan, persentase pesanan desain rumah etnik sangat kecil. Namun karena itulah rumah etnik terkesan ekslusif. Unsur pedesaan yang dituangkan dalam gaya etnik diwujudkan lewat tembok yang masih memperlihatkan batu bata, atap kayu yang diekspos, bamboo, dan lantai model lama.

One Response

  1. wah asik bener artikelnya ,sangat membantu saya yg awam akan desai rumah dan perkembangan tren rumah..makasih sudah mau berbagi…salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: