Bright Indonesia Memotivasi Anak Muda untuk Berbisnis

Dua hari di penghujung tahun 2008 itu, Gedung Ir. Imam Barjo Auditorium UNDIP Pleburan, tampak anak-anak muda hilir mudik. Di dalamnya berderet stand pameran wirausaha dan komunitas. Selain itu, di sudut ruang auditorium yang luas itu, beberapa pengusaha muda yang telah sukses merintis bisnis juga tampak bergantian mengisi acara seminar bisnis. Acara yang bertajuk “Semarang Youth Fest 08” tersebut seolah jadi embun penyejuk bagi pengembangan bisnis anak muda di Semarang, karena memang sangat jarang digelar di Semarang.

Itu hanya salah satu gambaran event yang digelar Bright Indonesia bekerjasama dengan berbagai pihak. Masih banyak kegiatan lainnya yang diselenggarakan Bright Indonesia sepanjang tahun 2008 lalu, tidak hanya di Semarang, bahkan beberapa acara besar juga digelar di Yogyakarta. “Acara pameran hanya sebagai sarana kita untuk terus memotivasi kaum muda berwirausaha, karena ini memang telah menjadi visi kami,” jelas Bram Suryo Kusuma, Managing Director Bright Indonesia saat ditemui disalah satu tempat usahanya di Jalan Admodirono.

Bright Indonesia yang berdiri pada 5 Juni 2008 ini, sebenarnya secara komunitas telah lama menyatu, mereka adalah kumpulan mahasiswa yang ingin merintis bisnis sejak masih muda. Hanya saja mereka baru menamakan diri sebagai Bright Indonesia pada pertengahan 2008. Dengan kemampuan dan jaringan yang mereka bangun sejak kuliah, Bright Indonesia telah mampu mengadakan berbagai acara baik dalam lingkup kecil maupun dalam skala yang besar.

“Kami memiliki visi untuk pengembangan SDM (sumber daya manusia) dan bisnis di Semarang. Untuk pengembangan SDM kami telah mengadakan road show ke beberapa SMA di Semarang. Kami memberi training kepada generasi muda di Semarang sejak awal, dan yang terpenting adalah mengajak mereka untuk memiliki visi ke depan, bahwa kita bisa menjadi generasi yang diandalkan, dan lebih terbuka dalam berpikir,” papar Bram yang ditemani Gandung Bimananta yang juga aktif sebagai manajemen Bright Indonesia.

Untuk pengembangan bisnis di Semarang, Bright Indonesia lebih fokus untuk memotivasi kaum muda untuk berbinis. Berbagai pameran, seminar, dan pelatihan telah diselanggarakan Bright Indonesia. Dalam waktu dekat ini Bright Indonesia
juga berencana untuk mengumpulkan komunitas anak muda yang ada di Semarang. Tujuan awalnya sekadar untuk berkumpul dan berbagi ide.

“Ada yang bertanya untuk apa berkumpul. Ya, untuk memulai sesuatu, berkumpul adalah langkah pertama yang harus dijalani. Setelah berkumpul pasti nanti akan muncul banyak ide untuk pengembangan komunitas-komunitas tersebut. Awalnya dulu kami juga sering berkumpul untuk saling tukar pikiran,” papar Gandung Bimananta.

Bright Indonesia tidak tumbuh begitu saja, mereka terdiri dari beberapa orang yang telah jatuh bangun dalam merintis karir di dunia bisnis di Semarang. Dengan rata-rata usia masih muda (kurang dari 25 tahun) mereka memiliki semangat untuk terus maju dan bertekat hidup di dunia wirausaha. “Dulu teman-teman pernah juga bikin persewaan sound system untuk konser band-band indie di Semarang. Bahkan menjadi salah satu yang paling disegani di usaha tersebut di Semarang, namun bisnis tersebut tidak bertahan lama. Kami tetap berbisnis dan mengajak teman lainnya untuk terjun di dunia bisnis, bersama membangun Semarang” tandas Bram, yang tinggal di daerah Pedurungan ini.

2 Responses

  1. Wow… nice…
    Tapi hanya di Semarang saja ya? tidak di daerah2 lainnya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: