Nurhaq Ferdiansyah: Menambah Networking dan Teman

Banyak manfaat dengan bergabung komunitas wirausaha. Begitu pula banyak manfaat yang diberikan komunitas wirausaha dalam upaya mengatasi jumlah pengangguran yang tiap tahun terus meningkat. Berikut ini wawancara Tabloid Simpang5 terhadap Nurhaq Ferdiansyah atau akrab dipanggil Iyan beberapa waktu yang lalu.

Bisa ceritakan sejak kapan dan bagaimana awalnya tertarik dan bergabung dengan TDA?
Tau dari seorang teman ada satu milis komunitas wirausaha di Indonesia. Kemudian mendirikan sub milis TDA Semarang (tdasemarang@yahoogroups.com) dengan beberapa teman di Semarang. Saat ini anggota milis TDA Semarang sekitar 200 orang. Dan saat ini sudah mempunyai website yang bisa diakses melalui alamat http://www.tdasemarang.com

Selama bergabung TDA kegiatan apa saja yang telah Anda ikuti dan bagaimana partisipasi anggota TDA lainnya terhadap kegiatan tersebut?
Kegiatan Master Mind / Diskusi Antar Anggota TDA Semarang dan kegiatan offline lainnya untuk menambah jaringan serta ilmu antar anggota. Partisipasi anggota TDA Semarang cukup aktif dengan menghadiri acara-acara offline tersebut.

Selama bergabung dengan TDA sampai sekarang seperti apa efek buat perkembangan bisnis Anda?
Menambah networking dan teman serta menambah ilmu dan informasi yang saling membantu anggota TDA Semarang.

Hubungan antar personal dan hubungan bisnis kadang dipisah bagi sebagian pebisnis, bagaimana dengan di TDA yang bersifat komunitas ini?
Tidak semua anggota bisa saling kerjasama. Tergantung masing-masing dari anggota tersebut. Jika memang ada sinergi biasanya langsung bisa saling bekerjasama untuk meningkatkan bisnis yang sudah ada maupun menciptakan bisnis yang baru.

TDA ada yang pusat dan ada yang daerah, bagaimana sih interaksi antar TDA ini untuk saling menunjang kegiatan masing-masing?

Berinteraksi melalui milis, messenger/conference, email dan telpon. Jika TDA daerah ada kegiatan biasanya mengundang pengurus dari pusat maupun TDA daerah lain untuk mensupport kegiatan tersebut, begitu pula sebaliknya.

TDA Semarang sebagai komunitas lokal, adakah keinginan ataupun kegiatan untuk memajukan Kota Semarang? Jika iya bisa jelaskan seperti apa?
Yang sudah diadakan adalah mengadakan pameran UMKM untuk memajukan UMKM di Semarang, Sharing dan Diskusi dengan pihak Perbankan untuk mendapatkan kredit lunak serta mengadakan pelatihan IT untuk menunjang bisnis UMKM di Semarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: