Tetap Nyaman dengan Rumah Multifungsi

rumah multifungsiBagi kebanyakan orang, rumah seringkali hanya dijadikan tempat untuk istirahat dan tempat berkumpul bersama keluarga setelah lelah bergelut dengan pekerjaan di kantor. Meski begitu, bukan berarti rumah tidak bisa digunakan untuk fungsi lainnya. Bagi kita yang ingin bekerja tapi tetap bisa dekat dengan keluarga di rumah, konsep rumah multifungsi keluarga Joko Santoso yang terletak di Jalan Unta Semarang bisa kita jadikan inspirasi.

Lokasi Jalan Unta yang dekat dengan Jalan Majapahit, memungkinkan untuk membuka usaha di dalam rumah karena dekat dengan pusat kota. Hal itu pula yang menjadi pertimbangan keluarga Joko Santoso untuk membuka usaha di rumah. Selain Joko Santoso yang membuka jual beli kendaraan di samping rumah, istrinya Niniek, juga sengaja membuka usaha di rumahnya. Untuk itu pada tahun 2007, keluarga yang telah dikarunia tiga orang anak ini memperbesar rumah yang telah ditinggali sejak tahun 1992 itu.

Untuk perluasan dari 15 x 9 meter menjadi 400 m2 dibelilah tanah yang ada dibelakang rumah. Awalnya, keluarga Joko Santoso memang menginginkan bangunan rumah yang unik dan beda dari yang lain. Maka dipilihlah desain rumah yang mirip kapal dengan perpaduan gaya bangunan Yunani dan Spanyol. Pembangunan rumah yang berbentuk seperti kapal tersebut berlangsung sekitar satu tahun, menghabiskan dana sekitar satu milyar rupiah. Pembangunan rumah baru tersebut tanpa mengubah rumah yang ada sebelumnya.

Lantai dasar menjadi ruang yang paling banyak difungsikan, selain sebagai tempat kerja, di lantai tersebut juga untuk ruang utama, ruang makan, dapur, dan tentunya kamar tidur yang berjumlah tiga kamar. Pemisahan ruang utama dengan ruang kerja ditandai dengan tinggi rendahnya lantai. Ruang utama lebih tinggi kurang dari setengah meter dari ruang kerja. Sedangkan ruang utama, ruang makan, dan dapur berada dalam satu ruang yang cukup luas.

Ruang kerja di lantai satu berisi peralatan kantor, ruang untuk tamu, beberapa lemari kaca untuk memajang pakaian hasil desain sendiri, serta beberapa piala kejuaraan modelling. Di ruang itulah sehari-hari Niniek bekerja, mengatur usaha fasion, modelling, dan beberapa usaha lainnya. “Meski bekerja di rumah saya tetap merasa nyaman, karena setiap tamu atau rekan bisnis kita perlakukan seperti keluarga sendiri,” papar Niniek saat ditemui di rumahnya.

Dari lantai satu ke lantai dua dihubungkan dengan tangga yang didesain cukup elegan. Tangga ini terletak di dekat ruang utama. Ruang kosong di bawah tangga digunakan secara maksimal karena digunakan untuk tempat sepatu. Dari tangga juga bisa melihat ruang utama yang tampak elegan dengan tatanan kursi, lukisan, serta jendela-jendela kaca yang membuat ruang tampak cerah oleh sinar matahari.

Lantai dua berbentuk ruang besar seperti aula. Di ruang inilah berbagai aktifitas kerja Monalisa – anak pertama di keluarga Joko Santoso –  dilakukan. Studio modelling tampaknya membutuhkan area paling luas dibanding lainnya. Di ruang itu pula music class berada, letaknya tepat di sampingnya, tanpa dikasih batas. Berbagai peralatan musik tertata rapi dan lengkap. Selain itu, di balik pintu ruang utama lantai dua, ada kolam bola untuk bermain anak-anak dan tempat jemuran pakaian.

Bagian mirip geladak kapal berada di lantai tiga, dengan ruang cukup luas, tempat tersebut sangat nyaman untuk menikmati keindahan Semarang. Hal itu memungkinkan karena lantai tiga rumah keluarga Joko Santoso cukup tinggi, sehingga jarang bangunan di sekitarnya yang menghalangi pandangan. Ruang lukis menjadi ruang utama di lantai tiga tersebut. Di sinilah Ninik biasa menyalurkan hobi melukisnya.

Bangunan semakin mengerucut di lantai empat, sehingga kesan mirip kapal sangat kentara. Di lantai empat ada ruang yang lumayan besar untuk bersantai, ukurannya lebih besar dari kamar tidur. Di ruang itu selain untuk bersantai juga sering digunakan untuk acara arisan keluarga. “Selain bangunan rumah, kita juga menata taman di depan rumah seindah mungkin. Di taman juga ada beberapa hewan yang kita piara,” jelas Ninik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: