Gaya Sporty Chevrolet C/50 Bekas Inventaris RS

chevroletSporty namun orisinal. Begitulah konsep modifikasi yang diusung HR Wing Wibisono Puspoyudo pada truk Chevrolet C/50 miliknya ini. Meski mengecat bodi truk dengan warna biru ngejreng, namun sang pemilik tetap mempertahankan bentuk asli yang merupakan ciri khas kendaraan yang tergolong langka ini.

Sekilas melihat Chevrolet bermesin 3.785 cc ini, mungkin orang tak menyangka jika truk tersebut dulunya merupakan kendaraan inventaris sebuah rumah sakit di Klaten. Sebelum sampai ke tangan Wing Wibisono yang juga Ketua Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng ini, truk tersebut digunakan untuk mengangkut logistik beras RS setiap bulan. “Saya tertarik dengan kondisinya yang masih orisinil. Cat dan bodinya masih bagus, tak ada yang keropos,” ujar Wing.

Di tangan pria berkumis ini, truk keluaran tahun 1969 tersebut dipermak menjadi lebih sporty. Ban ring 16 aslinya dilepas dan diganti karet bundar Unimog radial X22 335/80 Michelin ring 20 yang lebih besar. Meski velg asli dipertahankan, kesan gagah sudah tercipta lewat penggantian ban khusus truk militer ini.

Chasis truk yang sehari-harinya diparkir di kantornya, Jl Telaga Bodas 17 A ini dipotong 60 cm agar bodynya tak terlalu panjang. Sedangkan bak kayu yang tinggi, dipotong separuhnya menjadi lebih simpel. Menambah kesan sporty, knalpot krom dipasang di samping body, juga klakson terompet di atas kabin. Yang lain, Wing hanya menambahkan power steering agar setir terasa ringan saat dikemudikan dan dua lampu halogen dipasang di depan grill dan lampu asli yang masih dipertahankan.

Untuk interiornya, hanya ditambahi AC dan audio, selebihnya masih asli. Mesin truk yang menyedot bensin satu liter untuk enam kilometer tidak diutak atik karena kondisinya yang masih bagus.

Di pintu kanan kiri Chevrolet biru ini lantas ditempeli stiker IMI Jateng berukuran besar. Wing menjadikan kendaraan bernomor H 1313 WG ini sebagai maskot kebanggaan IMI Jateng. “Dijadikan maskot karena yang seperti ini tak ada duanya,” ungkapnya mengomentari kendaraan yang pernah akan ditawar orang untuk dibarter dengan dua Toyota Avanza ini. Kini setelah dua tahun memiliki, Wing berniat melepas truk yang kerap meramaikan acara IMI tersebut kepada yang berminat mengoleksi.

One Response

  1. sudah saya lihat di jl kerobokan Bali,sekarang siapa yg miliki mobil itu ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: