Sate Karang Terasa dalam Tiap Gigitan

Mendengar nama sate karang, tentu akan ada pertanyaan bagi yang belum pernah menyantabnya. Ya, sate karang bukan sate yang terbuat dari karang. Nama sate karang muncul karena lokasinya berada di daerah lapangan Karang, Kota Gede, Yogyakarta. Sebenarnya tidak hanya sate karang yang menjadi menu kuliner di salah satu pusat kuliner di Kota Gede, namun sate karang lah yang menjadi menu andalan wisata kuliner yang bertempat di pinggiran Yogyakarta tersebut.

Sate karang sesuai dengan namanya merupakan jenis makanan dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk di tengahnya. Untuk sate karang, dagingnya adalah daging sapi, jika sudah dibakar potongannya menjadi kecil-kecil seperti potongan sate ayam. Untuk rasanya seperti perpaduan daging ayam dan kambing, karena tidak terlalu keras tapi juga tidak lunak. Maka setiap tusuk sate karang akan terasa nikmat sampai gigitan terakhir.

Yang unik, sate karang ini lebih banyak disukai jika disajikan dengan lontong sayur. Namun bagi pengunjung yang fanatik dengan lontong bumbu kacang ,di warung yang berbentuk tenda tersebut juga disediakan. Bagi yang hanya ingin menikmati sate tanpa lontong, di Warung yang bernama  “Sate Sapi Karang Kota Gede Pak Prapto” ini juga boleh memesan sate dengan beberapa bumbu pilihan, yaitu bumbu kacang, kecap, ataupun bumbu kocor.

Jika ingin mencicipi sate karang kota gede saat bepergian ke Yogyakarta, Anda baru bisa mengunjunginya setelah sore datang, karena memang jejeran warung tenda yang berada di lapangan karang Kota Gede tersebut baru buka setelah lapangan sepi dari aktifitas olahraga. Meski tempatnya luas, belum jaminan anda akan langsung mendapatkan tempat duduk jika datang rombongan. Jika tenda tidak cukup, pengunjung biasa lesehan di lapangan atau trotoar jalan. Untuk harga, satu porsi sate karang sekitar Rp 20 ribuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: