Club Smash Semarang, Bukan Sekadar Hobi

Salah jika mengira club motor identik dengan aksi kebut-kebutan di jalan. Buktinya banyak sekali kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh mereka yang tergabung dalam club motor. Bahkan bisa dikatakan, tidak afdol rasanya jika sebuah club otomotif tanpa melakukan aksi sosial. Smokers atau Smash Oto Bikers Semarang adalah salah satunya. Club motor yang berdiri sejak 31 Juli 2004 ini telah banyak melakukan aksi sosial.

“Selain kegiatan rutin kopdar, kita ada jadwal khusus untuk bakti sosial ke panti-panti asuhan. Pernah kita saat perayaan 1st anniversary Smokers mengadakan sunatan masal bekerja sama dengan sebuah panti asuhan dan warga sekitar, di sebuah wiliyah di Semarang bagian timur,” papar Ian Narayudha, salah seorang pendiri Smokers.

Smokers sendiri awalnya berdiri dari sebuah ide untuk membentuk klub motor pabrikan, khususnya sebuah klub motor dari satu jenis merek. Anggota Smokers awalnya hanya sekitar sepuluh orang saja, sekarang tercatat sebanyak 48 orang yang terdaftar sebagai anggota resmi. Mungkin ini diuntungkan dari banyaknya para pecinta otomotif yang kebetulan menggunakan motor sejenis. Selain itu tentu juga karena Smoker selalu menjaga kesolidan para anggotanya.

“Untuk tetap menjaga kesolidan kita biasa mengadakan kegiatan yang melibatkan kebersamaan. Sebagai contoh, dengan melakukan touring ke luar kota. Selama diperjalanan kita seakan-akan diuji dalam hal kekompakan sesama anggota klub.
Kopdar yang tidak hanya seminggu sekali, tapi 2 kali dalam seminggu. Kebetulan dari beberapa anggota sudah berkeluarga. Maka selain kopdar hari Jumat Malam, seperti yang biasa dilakukan anak-anak klub Kota Semarang, kopdar juga dilaksanakan hari Minggu Pagi. Kopdar di Minggu pagi ini sangat dimanfaatkan oleh anggota yang sudah berkeluarga untuk mengajak anak dan istrinya,” papar Ian.

Lebih lanjut Ian menceritakan, Suasana kekeluargaan sangat terasa di Smokers. Apalagi ada jadwal khusus untuk Touring Wisata. Kegiatan tersebut berupa perjalanan ke tempat-tempat wisata di beberapa kota sekitar Semarang, biasanya anggota mengajak keluarganya dalam touring. Karena itu, biasanya Smokers memilih tempat tujuan yang tidak terlalu jauh. Selain itu, untuk memantabkan dalam berorganisasi, Smoker selalu ada rapat kepengurusan yang dilaksanakan 1 bulan sekali. Hal ini guna menyusun program-program kegiatan untuk beberapa bulan ke depan. Tentu tidak hanya itu keuntungan bergabung dengan club motor.

“Keuntungan gabung di komunitas motor, selain untuk menyalurkan hobi otomotif, yang jelas kita bisa menambah teman di dalam kota, bahkan hingga luar kota. Sebagai contoh semisal kita kebetulan sedang berada di luar kota, dan kebetulan kita juga ada kenalan anak klub dari kota tersebut, dengan sigapnya mereka selalu siap membantu selama kita berada di kota itu. Demikian juga jika kita ada tamu dari klub luar kota, pasti kita bantu. Selain itu tidak jarang juga menambah relasi di bidang pekerjaan. Dan yang terakhir, bisa menambah persaudaraan,” papar Ian yang sehari-harinya bekerja di sebuah majalah cewek di Semarang.

Untuk mendukung kegiatan, Smokers sering menggandeng pihak dealer Suzuki Pusat Semarang. “Baik subsidi untuk setiap kegiatan touring ke luar kota, hingga untuk keperluan perayaan ulang tahun klub. Selain itu kita selalu dilibatkan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh dealer, seperti dalam acara Sensasi Suzuki beberapa waktu lalu. Dan khusus bagi anggota klub yang dapat menunjukan kartu anggotanya, mendapat diskon khusus untuk pembelian spare part di dealer resmi,” beber Ian.

5 Responses

  1. Bro,

    Ada forum untuk motor klub di http://www.klik99.com (forum motor bike). Forumnya masih baru tapi kayaknya bakal OK. Bisa minta dibuatin sub forum khusus untuk club kita sendiri ke admin.

    Thanks.

  2. Milis INDOCLUBS adalah Media Komunikasi Tentang Semua Jenis Klub, Perkumpulan & Organisasi yang ada di Indonesia. Kebanyakan member adalah Pekerja Kantor. Kami mengundang rekan-rekan untuk bergabung di milis ini sesuai tujuan masing-masing. Thanx…

    hxxp://groups.yahoo.com/group/Indo_Clubs/

  3. Bro,almat dealer resmi suzuki roda dua smrang dmn ya?

  4. wahh waahh

  5. smash sllu d hTI,,,,,,,,,,,,,,
    smasH sLlu yG trbaik..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    plinGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG dpn…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: