Soto Mie Tetap Nikmat Tanpa Nasi

Soto sepertinya sudah menjadi menu yang populer di Indonesia, bagaimana tidak, hampir semua daerah di nusantara memiliki menu soto dengan ciri khasnya sendiri-sendiri. Sebut saja soto Kudus, soto Madura, soto Padang, soto Banjar, Soto Betawi, atau Soto Mie. Soto di Jawa biasanya menggunakan daging ayam, kuahnya encer, dan berasa manis.

Penyajiannya juga dicampur dengan nasi putih. Sementara di daerah lain seperti Jakarta, soto dihidangkan dengan kuah lebih kental dan berisi daging atau jeroan sapi. Soto Mie dan Soto Betawi misalnya, dua menu ini salah satunya dapat ditemui di warung Soto Mie di Jalan Ngesrep Timur V No. 45, tak jauh dari patung kuda Undip.

Julia, pengelola warung tersebut sudah sekitar 7 tahun membuka usaha. Wanita asli Jakarta ini mencoba memperkenalkan menu soto mie dan soto Betawi kepada para pecinta kuliner Semarang. “Di sini juga banyak pendatang dari Jakarta. Jadi yang jajan ada yang pendatang, ada juga orang asli Semarang,” tuturnya.

Soto Mie ini berisi mie, potongan resoles isi bihun, daging sapi, emping melinjo dan diberi kuah bening. Cara membuatnya dengan menyeduh mie terlebih dahulu di air panas, memasukkan bahan lain, lalu disiram kuah dan ditaburi emping goreng. Sesuai dengan namanya, soto ini tak disajikan dengan nasi. Namun menurut Julia, bagi yang ingin nasi putih, dia juga menyediakan.

Sementara Soto Betawi sedikit berbeda. Meski sama-sama khas Jakarta, soto ini berisi jerohan sapi seperti babat, paru, iso, dan limpa sebagai lauknya. Kuahnya memakai kuah santan yang sedikit lebih kental. Berbeda dengan soto di Jawa yang jeruk nipisnya diberikan terpisah, jeruk sebagai pemberi rasa asam pada masakan ini diberikan menjadi satu. “Soto khas Jakarta rasanya cenderung asin dan asam namun segar,” kata dia.

One Response

  1. soto lamongan luebih sueguerrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: