Maria Regina, Kurikulum Nasional Bahasa Internasional

Di antara sekian banyak sekolah yang telah ada di Semarang, telah hadir sekolah Katolik yang berkurikulum nasional plus yaitu Sekolah Maria Regina. Sekolah yang terdiri dari Kindergarten (TK), Primary (SD), dan Junior High School (SMP) ini didirikan oleh Yayasan Melania yang berlokasi di kawasan perbukitan Palm Hill Estate, Jalan Papandayan, Semarang.

“Ini adalah yang pertama di Semarang, sekolah Katholik dengan standar internasional. Sekolah Katholik selama ini terkenal dengan disiplinnya, di sini kita menambahkan dengan muatan internasional. Bahasa pengantar yang digunakan untuk proses belajar mengajar dalam setiap mata pelajaran maupun untuk aktivitas sehari-hari adalah bahasa Inggris,” jelas Jovita, Marketing Sekolah Maria Regina.

Meski memiki standar internasional dalam pengajaran, namun Sekolah Maria Regina tetap mengacu pada kurikulum nasional. Hal itu sebagai upaya untuk membentuk siswa-siswi yang memiliki pengetahuan dengan standar internasional namun tetap tidak tercerabut dari akar budaya lokal. Beberapa kurikulum internasional untuk bidang studi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Inggris memang sengaja diperkenalkan kepada para murid agar nantinya mampu menjawab tantangan global.

“Kita menggunakan metode pengajaran dengan standar internasional, namun dengan kurikulum nasional. Hal ini bertujuan supaya murid-murid yang telah menyelesaikan pendidikan di sini tidak mengalami kesulitan jika ingin meneruskan sekolah ke sekolah nasional,” papar Jovita

Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas tentu para murid di Sekolah Maria Regina juga harus dididik oleh pendidik yang berkualitas. Karena itu, murid-murid Sekolah Maria Regina akan dididik oleh guru-guru terbaik yang telah mendapatkan pelatihan secara khusus sesuai dengan bidang keahliannya. Para murid juga akan dididik oleh pengajar native speaker untuk melatih kemampuan siswa agar dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar.

Kualitas pendidikan memang menjadi fokus utama Sekolah Maria Regina. Namun, siswa-siswi juga mendapatkan beberapa extrakurikuler untuk mengasah bakat dan minat masing-masing. Untuk pelajar Play Group dan TK, ektrakurikuler yang diberikan adalah melukis. Untuk pelajar SD, ektrakurikulernya ansamdel. Sedang untuk pelajar SMP ektrakurikulernya adalah tata boga.

“Untuk itu kita telah membangun sport center, di dalamnya ada kolam renang, lapangan basket, dan futsal.  Selain itu untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas kita juga memiliki fasilitas lainnya, seperti perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, auditorium kesenian, peralatan musik, poliklinik, dan kantin,” jelas Jovita.

Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, Sekolah Maria Regina bersama Universitas Sanata Dharma dan sister school di luar negeri berkomitmen untuk mengembangkan talenta masing-masing anak sebagai pribadi yang utuh, sehingga dapat menciptakan pribadi  yang unggul berlandaskan Cinta Kasih (Caritas), Kebenaran (Veritas), dan Keunggulan (Insignis).

Sekolah Maria Regina
Jl. Palm 8 Kav. 3A Palm Hill Estate – Papandayan, Semarang
Telp. [024] 8508363, 70529898
Email: regina_semarang@yahoo.com

6 Responses

  1. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

  2. 1. sekolah maria regina = sekolah internasional school yg tidak jelas kurikulumnya menginduk ke negara mana???? Jadi bila orang tua ingin ke sana silahkan tanyakan.
    2. Kedua kualifikasi pengajarnya terutama apakah pengajar memang punya kwalifikasi profesional.
    3. status sekolah masuk yg mana
    4. Jaringan kerja sama dengan sekolah di luar negeri apakah ada???

  3. Hi Davon, terima kasih atas pertanyaan yang di berikan, silahkan langsung datang ke sekolah kami dan akan kami jawab semua pertanyaan..pintu sekolah kita terbuka sekali untuk kedatangan Bapak.

    GBU

  4. 1.Anda menyatakan sekolah Maria Regina = sekolah KATOLIK ternyata saya tanyakan ke pengurus sekolah katolik di jl Imam Bonjol ternyata tidak aktif dan pengurus harian anda bukan orang beragama Katolik. Maka: Berapa % kemurnian pelajaran Katolik ?

    2. Anda menyatakan bahwa ada kerjasama dengan NTU Singapore?
    Katak saja bisa tertawa mendengar ocehan ini tanpa bukti. Anda mau tahu dari jawa tengah tahun 2012 yg diterima di NTU cuma 8 orang (dari sekolah nasional tidak plus tapi anak-anak berprestasi)

    3.Bagaimana anda bisa menjamin anak2 yg sekolah bisa lulus karena tidak National Plus (kurikulum Indonesia dan berbahasa indonesia) tapi kebalikannya. Kwalitas ilmu math, physics, chemistry dari kurikuulum indonesia jauh lebih tinggi dari singapore. Anda jangan membohongi publik.

    4. kwalitas buku yg sekolah maria regina pakai dibawah buku XYZ – karangan Sartono bidang matematika , Marten Kangenan untuk fisikanya serta Kimia karangan Polling.

    5. Jaminan apa yg anda tawarkan pada ortua sebagai bukti bahwa anak yg bersekolah di Maria Regina bisa diterima di NTU singapore (untuk tingkat SMU) dan St Joseph (untuk SMP). Anda harus berani garansi dan apa jaminannya?????
    Kalau cuma janji anda BERBOHONG pada publik!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: