All-New Honda Accord

Bulan ini generasi ke delapan Honda Accord diluncurkan dan PT Honda Prospect Motor yakin Accord bisa merajai segmenya seperti model-model Honda lainnya. HPM percaya kunci sukses Accord baru terletak pada disain lebih mewah, dimensi terbesar di kelasnya, fitur-fitur canggih dan mesin paling bertenaga. Honda Accord pertamakali diluncurkan 1976 dan sejak itu terjual lebih dari 15.1 juta unit di 160 negara. Ramuan karakter sporty dengan balutan tampilan elegan terbukti sukses.

Pada generasi terakhir, unsur-unsur itu pertegas membuat Accord baru tampil lebih atletis, kuat tapi tetap elegan. Honda menerapkan konsep Bigger, Better, Bolder pada Accord baru ini. Artinya, dimensinya lebih besar, teknologi lebih maju dan disain lebih mewah.

Salah satu teknologi maju yang di unggulkan adakan Variable Cylinder Managemen (VCM) yang di aplikasikan pada Accord V6 3.5 liter (Rp 575 juta on the road Jakarta). Pada prinsipnya teknologi ini mampu mengatur jumlah silinder yang aktif bekerja. Jika mesin butuh daya besar seperti ditanjakan atau akselerasi maka seluruh silinder bekerja. Daya puncak 275ps dicapai pada putaran mesin 6200rpm. Tentu saja pasokan bensinnya menyesuaikan, karena ada enam silinder yang harus di semprot bahan bakar.

Bila kebutuhan daya sedang-sedang saja atau ringan -misal saat menjelajah atau berkendara di kecepatan rendah di jalan datar/menurun- teknologi ini akan menghentikan kerja dua bahkan tiga silinder. Karena jumlah silinder yang bekerja berkurang, pasokan bensin yang disemprotkan juga berkurang. Konsumsi bahan bakar yang dihemat antara 10 – 20 persen dibandingkan mesin 3.5 liter V6 tanpa VCM ( uji Honda di Jepang).

Otomatis pula produksi daya dan torsi (potensi maksimal 34.6kg.m/5000rpm) berkurang. Jika setiap silinder volume ruang bakarnya sekitar 0.6 liter maka pada mode 4 silinder, ruang bakar yang berproduksi hanya 2.4 liter. Jika mode 3 silinder berarti 1.8 liter. “Produksi torsi dan daya kira-kira setara atau mungkin sedikit lebih rendah dengan mesin empat silinder 2.4 liter,” kata Jonfis Fandi, Marketing & Aftersales Service Director, PT HPM.
Mesin V6 terdiri dari enam silinder dalam konfigurasi berbentuk V dengan tiga silinder dimasing-masing sisi.

Pada Accord, mesin diposisikan melintang sehingga ada tiga silinder di depan tiga silinder lainnya. Anggap silinder di sisi belakang paling kiri sebagai silinder 1 dan kemudian samping kanannya 2 dan 3 maka silinder yang berhadapan dengan silinder 1 adalah silinder 4 dan sebelah kanannya silinder 5 dan 6. Pada mode tiga silinder yang aktif silinder 1, 2 dan3. Pada mode 4 silinder, dua silinder yang tidak aktif adalah silinder 3 dan 4 yang posisinya bersilang diagonal.

Proses perpindahan mode itu berlangsung cepat, mulus dan tidak terasa. Pengemudi hanya tahu lewat lampu indikator di dashboard. Bila lampu menyala dan terlihat tulisan ECO berarti silinder yang bekerja 3 atau 4. Teknologi yang juga dijuluki displacement on demand ini tujuannya kompromi kebutuhan power gede sekaligus irit bahan bakar. Bukan cuma Honda yang punya teknologi ini, pemain besar lain juga mengaplikasikan dengan nama masing-masing.

Persoalan utama teknologi seperti ini adalah getaran. Persis sama seperti yang terjadi pada mesin biasa bila salah satu silindernya mati gara-gara busi soak misalnya. Mesin menggelinjang, pincang dan suaranya kasar. Getaran berlebih mesin diredam Active Control Engine Mounting yang secara cerdas mengubah kekuatan peredaman.

Engine mounting ini berupa cairan yang dilengkapi dengan sensor-sensor. Data dari sensor dikirim ke komputer mobil yang kemudian menentukan peredaman yang harus dilakukan saat mesin berpindah mode. “Sistem ini juga bisa memiringkan posisi mesin sedemikian rupa pada kecepatan tinggi untuk memperbaiki distribusi beban,” kata Jonfis.

Suara berlebih di bekap Active Noise Control (ANC) yang memantau noise mesin melalui dua microphone active yang kemudian menghasilkan sinyal dengan phase berlawanan dari noise mesin. Ketika dua gelombang dengan phase berlawanan ini berinteferensi, maka keduanya saling menghapus.

Tentu saja VCM bukan pemain tunggal dalam mereduksi konsumsi bahan bakar dan memperbaiki kualitas emisi. Fitur-fitur lain di dedikasikan untuk itu. Di antaranya undercover sheet yaitu plat aerodinamika yang ditanam pada bagian bawah kendaraan untuk mengurangi gejala lifting dan noise. Desain bagian bawah dibuat rata sehingga aerodynamic drag berkurang 10% dibandingkan pendahulunya.

Honda mengadopsi Variable Gear Steering (VGR) agar Accord lebih lincah di kecepatan rendah dan presisi di kecepatan tinggi. Hal itu dilakukan dengan mengubah rasio gigi dari kemudi secara otomatis berdasarkan kecepatan kendaraan.

Sebagai sedan yang dipromosikan naik kelas ke full-size sedan, Accord baru dengan kemewahan seperti yang diharapkan ada pada sedan-sedan lain di kelasnya. Penumpang dimanjakan lewat fitur-fitur canggih, pernik-pernik hiasan dari aneka material, serta kursi yang makin ergonomis. Tentu saja dengan dimensi lebih besar, interior space juga makin lapang.

Selain mesin 3.5 liter, Accord juga menawarkan mesin 2.4 liter 180ps atau 10ps lebih tinggi dari model sebelumnya. Torsi maksimalnya 22.6kg.m/4300rpm. Harga yang ditawarkan (on the road Jawa Tengah):  VTI M/T : Rp. 384 juta, VTI A/T : Rp. 399 juta, VTI-L A/T : Rp. 432 juta, dan V6 A/T : Rp. 579 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: