Hiu Bakar Tambah Stamina

Makan seafood? Pasti sudah sering. Tapi pernahkah mencoba menu yang satu ini? Hiu Bakar. Mungkin belum banyak yang tahu jika ikan yang tergolong binatang buas ini dagingnya juga enak disantap. Sebelumnya hiu lebih banyak dimanfaatkan siripnya untuk dimasak dan sebagai obat. Di Semarang, kini beberapa tempat makan menawarkan daging Hiu sebagai menunya.

Daging Hiu biasanya dibakar atau digoreng tepung. Saat dicoba, ternyata enak juga. Hiu mempunyai tekstur daging yang lembut. Selain itu, dagingnya juga diyakini bermanfaat untuk menambah stamina tubuh dan menambah kehalusan kulit. “Banyak yang bilang, habis makan hiu badan jadi hangat dan enak,” kata Muh. Gufron, pemilik Pondok Makan Hiu Segaran di Jalan Gajahmada 146 Semarang.

Menurut dia, daging Hiu sebelumnya banyak digunakan sebagai ikan asin. Namun dia merasa sayang, jika daging ikan tersebut tak diolah menjadi menu yang lain. “Semula saya memang berniat membuat menu yang unik dari ikan ini. Setelah melakukan test food, rasanya ternyata enak juga,” kata dia.

Awalnya memang tidak mudah memperkenalkan menu ini. Karena konsumen Semarang belum begitu familiar dengan daging Hiu. Namun perlahan, setelah mengetahui rasanya, banyak yang kembali memesan Hiu Bakar racikannya. Terlebih ikan laut kini menjadi semacam makanan alternatif disamping daging ayam atau sapi.

Gufron mendatangkan daging Hiu dari Bali dan Ambon. Pria yang memang menjadi supplier ikan ini memilih Hiu hitam untuk dimasak. Sebabbaunya tidak amis. “Memasak Hiu, apalagi menyantapnya sebenarnya lebih mudah karena ikan ini tidak punya duri, hanya punya tulang,” ceritanya.

Dia menyajikan Hiu bakar dengan nasi, lalapan, dan 3 jenis sambal. Yaitu sambal Lamongan, sambal Lombok Ijo Teri, dan Sambal Mata. Selain Hiu, dia juga melengkapi warungnya dengan menu ikan lain. Seperti ikan Salmon, Marlin, Mahi-Mahi, dan Kakap.

One Response

  1. mahal ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: