Rista: Desain Grafis Itu Ngga Bikin Bosen

Desainer grafis telah menjadi profesi yang banyak dicita-citakan anak muda sekarang. Tidak mengherankan karena dunia desain grafis memang sangat menyenangkan. Bagaimana sebenarnya profesi desainer grafis itu, Ahmad Munif dari Simpang5 mewawancarai Nurista Budi Utami, lulusan Deskomvis-ADVY (Akademi Design Grafis Yogjakarta) dan bekerja sebagai desainer grafis di salah satu majalah cewek di Semarang.

Bisa ceritakan bagaimana awalnya Anda memilih dunia design grafis sebagai pekerjaan Anda?
Awalnya hanyalah hobby mengutak atik gambar, ilustrasi dan mengagumi desain-desain yang menurutku itu seni. Kebetulan waktu sekolah dan kuliah dapat jurusan desain grafis juga. Ya, ibarat kata udah terlanjur basah, mandi aja sekalian. So, sampai sekarang deh berkecimpung di bidang desain grafis.

Tentu banyak suka duka bekerja sebagai desainer grafis, bisa ceritakan bagaimana suka dukanya?
Wah, kalau dibilang suka atau dukanya 50-50 kali ya. Sukanya sih karena desain grafis itu ngga bikin bosen. Kita bisa mengembangkan kreatifitas sesuai dengan tren desain yang lagi in. Dan pada dasarnya desain grafis itu menyenangkan jadi ngga merasa menjadi beban pekerjaan, tapi lebih ke permainan gambar, warna, letak, dan keseimbangan yang diolah, sehingga menjadi sesuatu yang punya nilai plus tersendiri untuk menyampaikan pesan pada yang melihatnya. Dan yang terpenting adalah kepuasan konsumen dengan hasil karya sang desainer. Kalau dukanya, deadline dan revisi yang memakan banyak waktu. Karena sebenarnya dengan keterbatasan waktu desain menjadi tidak maksimal.

Dunia desain grafis terus berkembang pesat, apakah Anda mengikuti perkembanganya, baik teknologi maupun seninya? Terus dari mana saja Anda mengikuti perkembangannya?
Tentu saja saya selalu mengikuti perkembangan desain grafis, baik teknologi maupun seninya. Karena bagaimanapun juga desain grafis akan selalu berkembang seiring perkembangan jaman. Apalagi pekerjaan saya di majalah menuntut untuk selalu fresh dan up to date dengan style design keinginan anak jaman sekarang. Biasanya Concept Magazine, Blank Magazine bagus juga buat mancari inspirasi desain. Atau Girl’s Magazine seperti Gogirl, Herworld, Teen Vouge, dan majalah sejenis lainnya, bisa juga jadi referensi desain untuk pekerjaan saya di majalah cewek. Banyak pula website yang mengangkat soal desain grafis, misalnya DevianArt. Selain itu, saya juga mengikuti seminar dan workshop desain untuk menambah ilmu desain grafis.

Perangkat apa saja yang Anda miliki untuk menunjang pekerjaan Anda sebagai seorang desainer grafis, apakah Anda juga meng-update perangkat yang Anda miliki mengikuti perkembangan kebutuhan pekerjaan Anda?
Perangkat desain sih standar saja, tapi untuk mendukung pekerjaan aku selalu meng-update perangkat dengan software-software terbaru untuk menunjang pekerjaan sebagai desain grafis agar tidak monoton dan ketinggalan jaman.

Bagaimana prospek ke depan profesi desain grafis di Semarang?
Prospek ke depan profesi desain grafis pastinya sangatlah bagus. Perusahaan besar maupun wiraswasta banyak yang membutuhkan SDM di bidang desain grafis. Banyak pula peminat desain grafis di Semarang. Hanya saja tergantung dari kemampuan masing-masing orang, intinya sebagai desainer grafis harus bisa mengikuti perkembangan desain grafis sesuai dengan kemajuan jaman. Dengan banyaknya persaingan desain diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas para desainer grafis untuk berlomba-lomba menghasilkan desain yang original dan up to date. Maka kualitas dari desain grafis tetap dapat dipertahankan sehingga bisa semakin maju dan berkembang.

19 Responses

  1. saya mohon untuk memberi informasi tentang adanya lowongan kerja di bidang design grafis

  2. oke, nanti klo ada lowongan aku kabarin deh, thanks yah sakti,,,

    • eh rista nongol disimpang lima ya? yg wawancara munif ya?
      minta info donk! disemarang ada komunitas desain grafis ga? kalo ga ada kalian ber2 pada ga pengen bikin tuh komunitas!! kalo ada kan Semarang pasti lebih maju Desain Grafisnya yang berimbas pada perkembangan desain Kota Semarang… *riwil*

      • pengennya yo bikin… tapi kayaknya udah byk sekarang yg bikin komunitas design grafis disemarang… contohnya alumni ADVY yg domisili disemarang udah sering tuh ngajakin kumpul bareng… tp sayang karna aq msh sibuk dengan berbagai pekerjaan jadinya lom sempet ketemuan ma mereka….. *curhat colongan… hohoho

  3. lam knal,aq ker da advertising dom.smg.
    koleksiku komplit,aq kenal deviantweb dari tahun 00′
    aq punya photo hiresh concept dari koleksi shutterstock.com lebih dari 5000 pcs custom billboard…..SRIUS
    pengennya launch smua tp nggak ada channel buat harga yg sesuai…GILA ! pasar di SEMARANG hobby nawar..ckckck.
    mau nggak jadi joint partner buat nge sale…sttt rahasia.
    JENG…call/sms me on
    (024)70 58 78 58
    0878 322 10 322
    tak tunggu,ok
    TQ

  4. tolong info kursus desain grafis di solo and biaya2 nya kalo ada ya..thx

  5. slm kenal, mw tanya nih desainer yogya identik dengan style ap yah thanks ya

  6. klo deadinenya ga kekejar bagi2 aja masalah designnya yah mba rista nanti saya bantu….

    call me 0858 6565 7878

  7. BANTUIN Q DONK,BENTAR GY Q LU2S NEH.TYUZ MO LANJUT KUL.TP BINUN NENTUIN JURSN.MO DESAIN TP GA TERLALU BS GMBAR.KRA2 BSA GA Y QLO Q MCUK DESAIN NGIKUTIN PELJRANNYA???

  8. hy semuaa… wuah ternyata rame juga yah disini… sorry bgt nih karna kerjaanku deadline mulu so baru sempet buka2 disini….

    @ Dogy : hahha.. ya gitu deh disemarang… semua harga harus bisa di nego… boleh deh joint partner nge sale… tawaran yg sangat menarik… tar aq call deh… thanks..

    @ Putri : berhubung aq disemarang jadi ga terlalu byk tau di solo dan biayanya… tapi pastinya udah byk bgt sekolah design grafis disana say… kayak ISI, UNS dan udah byk universitas yg menambah mata kuliah design grafis kok…

    @ ary : siap deh… tar klo deadline gak kekejar i call u…
    siap2 bantu buat deadline minggu depan yah… thanks

    @ Andhini : gpp say… ambil jurusan design, yg penting dari niat, kata hatimu dan hobby kmu… gak semua design grafis bisa gambar kok… tapi emg lebih baik sih bisa gambar, semua bisa dipelajari kok.. so, jgn pernah berhenti buat berkarya yah….

  9. q ru jha ktrima pmdk jur desgraf jga neh..
    sbernenya ak meragu buat prospek kerja ke depannya..

    klo msalnya jd, tuh nanti krjanya kaya apa?

    • kay..
      yang jelas design grafis itu sangat menyenangkan dan prospek nya juga sangat bagus.. kalaupun kamu gak bekerja untuk perusahaan, kamu bisa juga menghasilkan karya sendiri kok dari semua mata kuliah yg kamu pelajari…
      pekerjaan di dunia design grafis itu fun bgt klo kamu bisa menikmatinya…. gak kayak kerja deh, karna itu seperti hobby dan dibayar pula… menyenangkan bukan…??
      kendalanya paling cuma di deadline aja, karna kmu hrs mengerjakan design sesuai wktu yg ditentukan…
      tapi percaya deh, dikemudian hari kmu akan merasakan sndiri manfaatnya untuk orang lain dan juga untuk diri kmu sndiri…. prospek ke depan design grafis sangat baik, karna dunia OL semakin tinggi… dan kmu bisa menghasilkan karya mu dan di tampilkan ke seluruh dunia..
      jangan ragu dan pelajarilah baik2 yah… good luck for u… ^_^

  10. permisi..mau nanya…
    minta tolong dunk mba rista Pm ke aku..kalau punya list perusahaan yang bergerak desain grafis d semarang ada ga..?
    mau coba peruntungan d kota semarang soalnya…maturnuwun njeh…

  11. @Aryo
    Banyak bgt kok…
    bahkan hampir semua perusahaan skrg membutuhkan design grafis… karna byk perusahaan skrg yg ingin mengembangkan perusahaannya melalui promosi apalagi dengan adanya website OL seperti sekarang ini.. peran seorang design grafis sangat dibutuhkan untuk menghandle segala kebutuhan promosi dan design yg uptodate untuk menarik para konsumen.
    emang kmu di kota mana??
    Semua dunia media pasti butuh design grafis seperti, Radar Jawa Pos Group, Suara merdeka, Kompas, bisnis indonesia, harian semarang bahkan hotel2 dan perusahaan advertising di semarang coba search aja deh..
    oh iya ada info nih, radar semarang jawa pos lagi buka lowongan untuk design grafis dan lay out koran.. ( butuh 6 orang ) bisa dicoba tuh… siapa tau ada keberuntungan disana…. selamat mencoba.. ^_^

  12. Sukanya?selain suka gambar dan karena q seorang desain grafis, kerasa bangga kalo desain q dipake buat event2 di agency tempat gw bernaung
    Dukanya? kerjaan banyak g diikuti pemasukan yang memadai, gaji dan pendapatan desain grafis rasanya tidak mencukupi, mending buka usaha sendiri daripada ikut orang saran saya

  13. salam kenal.. wah, ini tahun kapan baru baca posting berita ini.. salam kenal kami dari Becakmabur Indonesia.. perusahaan di bidang branding, komunikasi pemasran dan desain komunikasi visual. saat ini mulai banyak studio studio desain maupun perusahaan periklanan di semarang. rame pokoknya.

    soal komunitas, ada Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI) Semarang, bisa join grup nya di fb.

    salam kenal.

    noviaji

    nb: saya juga lagi buka lowongan desain grafis liat di http://www.becakmabur.com/join ya

  14. ne mb’ rista ada komunitasnya g?klo ad bsa call me or sms
    081 901 513 898
    thank’s

  15. yang suka desain grafis silahkan kontak Pixell Design. Kami membutuhkan beberapa desainer grafis yang mengeri desain Exclusive http://www.pixelldesign.com
    Pendidikan tidak diutamakan , yang lebih diutamakan Bakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: