Peluang Bisnis Seputar Pilgub

Beberapa bulan lagi pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng) akan diselenggarakan. Keramaiannya sudah terasa sejak beberapa bulan yang lalu. Pemasangan umbul-umbul, poster, dan atribut lainnya mewarnai sudut-sudut kota di Jawa Tengah. Di balik semarak itu, tentu ada roda bisnis yang berputar. Bagi pebisnis tentu pilgub adalah peluang bisnis yang layak untuk dibidik.

“Kalau mau mendeteksi peluangnya, minimal kita bisa lihat dari kebutuhan kampanyenya dan kebutuhan cagubnya. Dari kampanyenya saja, semua cagub butuh pembuatan konsep kampanye, butuh produksi produk kampanye seperti out door, media massa, talkshow, dll. Belum lagi dari cagubnya sendiri, mereka butuh ketrampilan-ketrampilan khusus untuk bisa terlihat hebat saat tampil di depan massanya, mulai dari cara berpakaian hingga cara berbicara. Itu semua peluang yang luar biasa,” ungkap Bayu Krisna, Direktur Utama PT. SWA Consult.

Apa yang diungkapkan Bayu Krisna benar adanya, beberapa narasumber pengusaha yang ditemui Simpang5 mengungkapkan memang ada peluang bisnis yang besar sekitar pilgub nanti. Sugeng Wibawa, Direktur Java Promo Center Group mengungkapkan, ada peningkatan permintaan tiap tahunnya berkait dengan penyelenggaraan pilkada, pilgub, pilpres, maupun pemilu. Sugeng menambahkan selama ini sering melayani permintaan dari pelanggan seputar pilgub, seperti kaos, poster, jaket, bendera, MMT, one way vision, spanduk/umbul umbul, payung, mug, x-baner, slayer, dan topi.

Tentu tidak hanya Sugeng dan perusahaannya yang mendapat berkah dari pesta demokrasi yang rutin diselenggarakan itu, beberapa pengusaha home industri juga bisa ambil bagian. Syamsudin, pemilik Udin Kaos yang berada di daerah Perum Koveri Ngaliyan juga mengungkapkan hal tidak jauh berbeda. Menurutnya pesanan kaos, jaket, baju, atau bendera dari partai banyak berdatangan.

“Berkait dengan pilgub memang banyak yang datang ke sini maupun telpon untuk menawarkan kerjasama pembuatan kaos ataupun atribut lainnya. Namun sebagai pengusaha kecil saya tidak berani memenuhi pesanan tersebut, karena mereka membayar di belakang. Selain itu, bulan-bulan ini pesanan di tempat saya masih cukup banyak sedangkan tenaga kerja yang saya punya sudah cukup kewalahan memenuhi pesanan yang sudah masuk,” papar Syamsudin ketika ditemui di rumah sekaligus tempat usaha konveksinya.

Bisnis Udin memang tidak tergantung dengan ritual pesta pesta demokrasi, tanpa pilgup pun tiap bulan omzet bisnis Udin sekitar 16 juta rupiah. Dengan omzet sebesar itu Udin hanya menggaji empat karyawan termasuk dirinya sendiri. “Untuk pilgub saya memang belum ada order, namun hampir tiap bulan ada pesanan dari salah satu parpol besar. Bahkan baju produk dari saya pernah dipesan untuk mukernas,” jelas Udin.

Tidak semua pengusaha konveksi ataupun pernik-pernik memanfaatkan momen pilgup untuk menambah jumlah pelanggannya, Ikhsan, pemilik Exan Fasion yang berada di Jalan Supriadi mengaku, sengaja tidak membidik pilgub untuk menambah omzetnya. “Untuk pilgub nanti kita sengaja tidak merima order peserta pilgub, kecuali pesanan dibayar di muka,” tambah Ikhsan yang sekitar 30 karyawan ini.

4 Responses

  1. waahh…..
    bisa untung banyak nich!
    terima kasih😀

  2. Ehm, wah… wah… wah

  3. menarik sekali khan
    mungkin ada yang berminat kita boleh joint
    sy usaha percetakan di bogor sekarang sdg tutup krn tdk ada yg kelola
    yg berminat kerja sama boleh hub sy : hayun_04@yahoo.com

  4. jadi tertarik nih bila ada yang mau pesan kaos untuk pilgub kunjungi saja ke
    HOME INDUSTRI kami di Dukuh Krangkungan RT.20 RW.06 Pandes Wedi 57461 Klaten Jawa Tengah Indonesia, atau hubungi kami lewat HP 081328731249 mas HENDRO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: