Dini: Tiap Usaha Memiliki Standart Kualitas

dini.jpgMenyandang gelar sebagai Sarjana Komputer Khulsi Dini Rakhmasari atau biasa dipanggil Dini pada awalnya malah mendirikan fashion butik. Itu dia lakukan karena memang suka dengan hal-hal yang berbau fashion. Meski gagal di usaha pertamanya perempuan kelahiran Semarang ini tidak menyerah. Berkat kerja keras dan ketekunannya pengusaha muda yang berkantor di Jl. Brigjen S. Sudiarto 194 C Semarang sukses dengan bisnis souvenir wedding dengan nama Dira Collection. Berikut wawancara Simpang5 seputar aktifitas Dini di bisnis yang tekuninya.

Meski usia Anda masih tergolong muda, Anda sudah memiliki beberapa usaha. Bisa ceritakan bagaimana awalnya Anda lebih memilih untuk berwiraswasta?
Saya orangnya tidak suka diatur. Untuk itu saya lebih memilih berwiraswasta dibanding kerja sebagai pekerja kantoran. Karena berwiraswasta merupakan cita-cita saya sejak dulu. Di samping itu, saya juga bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

Memulai usaha tentu tidaklah mudah. Anda punya strategi khusus untuk mengawali langkah Anda saat pertama kali membuka usaha?
Tidak ada strategi khusus. Karena saya pernah gagal pada saat pertama kali membuka usaha. Selanjutnya saya berpegang pada prinsip jangan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan.

Setiap usaha pasti ada kendala-kendalanya. Di bidang yang Anda tekuni, kendala apa saja yang Anda temui dan bagaimana Anda mengatasinya?
Selera konsumen yang beragam. Mulai dari harga, jenis/model souvenir, fungsinya serta tampilan yang mereka inginkan. Untuk mengatasinya, saya berusaha memberikan pelayanan yang terbaik agar mereka tidak kecewa. Apa yang mereka inginkan saya berusaha memenuhinya. Karena kepuasan pelanggan adalah tujuan utama saya.

Bagaimana persaingan bisnis di bidang yang Anda tekuni?
Banyak sekali pesaing-pesaing di bisnis souvenir wedding. Tapi saya tidak terlalu memikirkan persaingan, karena tiap usaha memiliki standart kualitas serta pasar sendiri. Saya menjalani usaha sesuai keyakinan dan ketekunan.

Sering kita melihat pengusaha yang basic pendidikannya bukan dari ekonomi, menurut Anda seberapa penting basic pendidikan bagi seseorang untuk membuka usaha sendiri? Bagi saya yang terpenting dalam berusaha adalah niat, pemikiran yang matang akan usaha yang akan dijalani, keyakinan serta ketekunan alias pantang menyerah.

Banyak yang mengatakan, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang sesuai dengan hobi kita atau sesuai dengan sesuatu yang kita senangi. Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini dan apakah usaha yang Anda tekuni juga sesuai dengan hobi Anda?
Dulu saya bercita-cita ingin punya fashion butik, karena saya sangat suka pada hal-hal yang berhubungan dengan fashion. Tapi saya gagal membangun usaha tersebut, mungkin karena saya tidak berjodoh dan modal yang pas-pasan. Banyak kendala yang saya hadapi, sehingga membuat saya memutar otak untuk mencari usaha yang lain. Kesimpulannya, belum tentu hobi kita bisa menunjang keberhasilan dalam suatu usaha.

Anda tentu memiliki target-target tertentu dalam usaha Anda. Bisa certitakan apa target jangka pendek, menengah, atau panjang Anda?
Target jangka pendek, kurang lebih untuk dua bulan ke depan Dira Collection akan membuka cabang di salah satu ruko di jalan Supriyadi, yang kebetulan di sana sudah berdiri usaha foto dan video shooting milik suami saya. Untuk target jangka menengah, mempersiapkan sistem one stop shopping atau biasa disebut Wedding Organizer yang bekerjasama dengan suami. Dengan tujuan agar para calon pengantin tidak perlu repot-repot kesana-kemari untuk mencari perlengkapan pernikahan mereka. Sedangkan target jangka panjang, berusaha menciptakan inovasi-inovasi terbaru dengan mengikuti perkembangan selera dan pangsa pasar.

Apa saran-saran bagi orang yang ingin memulai membuka usaha?
Modal awal, tempat, target pemasaran serta tujuan haruslah dipikirkan secara matang. Carilah peluang usaha dengan modal yang kita punya tapi bisa menghasilkan. Dan yang terpenting dalam berusaha harus didasari keyakinan dan ketekunan serta tidak lupa selalu berdoa kepada Allah SWT.

Leave a Reply

