Dari Teh Tarik Hingga Ekor Lembu Bakar

kuliner-teh.jpgSebagai negara yang masih serumpun, Malaysia memiliki sajian kuliner yang tak jauh berbeda dengan Indonesia. Menu khas negeri Jiran ini juga kaya rasa, banyak menggunakan bumbu dari rempah-rempah, dan kuah yang kental. Namun Malaysian Food tetap memiliki keunikan tersendiri bila dicicipi. Ini setidaknya terlihat dari even Malaysian Food Promo yang diadakan di Malabar Resto & Coffee Shop Hotel Horison 21-23 Februari 2008 lalu.

Yang cukup atraktif dalam even kali ini adalah atraksi pembuatan teh tarik, minuman khas Malaysia. Sesuai namanya, teh yang terbuat dari bahan yang tak jauh berbeda dengan teh Aceh ini dibuat dengan cara seperti ditarik-tarik atau dituangkan dari cangkir satu ke cangkir lainnya. Hal tersebut setidaknya harus dilakukan sebanyak 25 kali agar teh mengental dan campurannya terasa. Saat disajikan, rasa teh cukup nikmat, perpaduan rasa manis dan kesat, ditambah buih yang tercipta cukup menyegarkan.

Untuk masakannya, ada Assorted salad bar with dressing, pajeri nenas berempah, ulam kampung, dan rojak sebagai Appetizer. Ayam masak kicap, ikan goreng berchili, tumis sayuran, gulai daging ubi kentang, penang kwetiau, lamb curry sarawak untuk Main Course. Ekor Lembu Bakar, dan untuk dessertnya ada buah-buahan tempatan, ais cendol dengan kacang merah, pengat pisang, serta seasonal fresh fruit.

Food & Beverage Manager Lukman mengatakan, beberapa bulan ini, Malabar Resto & Coffee Shop menyajikan berbagai menu variatif dari negara-negara Asia yang diolah oleh Chef-chef handal Hotel Horison. “Kita memang selalu ingin memberikan referensi terbaik bagi customer-customer yang  ingin bereksperimen dengan cita rasanya,” katanya. Sebelumnya, pihaknya juga menggelar “Singaporean Food Promo” dan ke depan akan menyajikan masakan khas negara ASEAN lainnya seperti Thailand dan Filipina. Dengan begitu dia berharap dapat merangkul kalangan penikmat kuliner yang berbeda.

“Apapun yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia saat ini, program kami di Malabar Resto telah menyusun rangkaian menu dari negara-negara ASEAN. Dan rasa dengan politik, bukan lah hal yang bisa dicampur adukkan,” papar Food & Beverage, Lukman, ketika ditanyakan mengapa memilih Malaysian Food promo.

Promo sajian masakan ASEAN ini akan berlanjut pada sajian khas negara lain seperti Thailand dan Filipina pada bulan mendatang. Meskipun hubungan Indonesia-Malaysia belakangan ini kurang harmonis, namun tak ada salahnya kita mengenali ragam masakan negara tetangga tersebut. Karena toh, kuliner dan politik tak saling berhubungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: