Tips untuk Bisnis Online

BERBISNIS online tentu berbeda dengan berbisnis offline. Karena itu, perlu tips-tips khusus untuk berbisnis di internet. Bagi mereka yang ingin memulai membuka toko online, Yuyun Erawati, pemilik PT Multi Elite Furniture yang juga membuka toko online menyarankan, bagi siapapun yang mau buka toko online harus pelajari dulu perihal basic-nya tentang internet marketing. Syukur bisa ikut menjadi member salah satu pendidikan internet marketing online.

“Karena dari situlah kita akan tahu bagaimana langkah-langkah kita bisa mempunyai toko online yang nantinya harapannya bisa didatangi banyak pengunjung. Selain itu, harus jaga komitmen dalam bertransaksi, selalu bertanggung jawab pada konsumen. Karena memang banyak sekali penipuan di internet, bukan hanya dari pembelinya saja yang menjadi penipu, tapi penjual pun juga banyak menipu pembelinya. Maka dari itu, butuh sekali penanaman kepercayaan calon pembeli kepada kita,” jelas pemilik web multielitefurnitures.com ini.

Sedangkan untuk memasarkan toko online Yuyun Erawati mengungkapkan, butuh proses yang panjang untuk mendapatkan pengunjung. Menurut pengusaha yang juga memiliki warnet (warung internet) ini, ada beberapa trik khusus yang bisa dilakukan untuk membuat website kita dilirik oleh orang.

“Pertama, website yang digunakan untuk menawarkan produk kita dibuat sesimpel mungkin agar saat dibuka pengunjung, si pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat gambar yang mereka butuhkan. Kedua, dalam pembuatan website itu, harus menggunakan kata kunci yang tepat dan umum, agar apabila orang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencarian, website kita bisa masuk ke dalam daftar yang dicari,” jelasnya.

Ketiga, tambah pengusaha muda ini, pemilik web harus melakukan banyak promosi di berbagai tempat, baik lewat internet ataupun bisa juga lewat media surat kabar bagi mereka yang  memang produk yang ditawarkan untuk pasar lokal. “Keempat, kita juga harus selalu menambah pengetahuan kita tentang internet marketing,” tandas wanita yang tinggal di Jalan Jl. Tlogosari Raya Semarang ini.

Ridwan Sanjaya, Dosen Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata juga memberikan tips yang tidak jauh berbeda. Menurut pria yang juga sering mengisi seminar pemanfaatan internet untuk bisnis ini, supaya web bisnis bisa menarik pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, ada tiga hal yang perlu dikerjakan.

Yang pertama, pengusaha perlu menyediakan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung. Selain memasarkan atau menjual produknya melalui web, mereka juga perlu mengisi websitenya dengan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung. Informasi-informasi yang bersifat mendidik dan terkait dengan produk yang ditawarkan akan dapat meng-edukasi mereka untuk lebih logis dalam membeli produk Anda. Misalkan sebuah website yang menawarkan produk bakso, dapat mengisi websitenya dengan informasi mengenai bahaya formalin dan borax. Sehingga ada keyakinan dari konsumen untuk membeli produk bakso yang tidak mengandung bahan pengawet.

Yang kedua, berikan comparative advantage atau keunggulan yang tidak bisa didapat pada saat membeli secara konvensional. Misalkan, umumnya sebuah penerbit buku harus mengeluarkan biaya 30 persen untuk setiap buku yang laku dijual oleh toko buku. Sedangkan konsumen yang membeli di toko buku hanya bisa mendapatkan diskon maksimal 10-15 persen. Maka toko buku online dapat menawarkan diskon yang lebih besar atau ditambah dengan undian untuk para pembelinya.

“Yang ketiga, adanya jaminan barang kembali apabila terjadi kesalahan di pihak penjual. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran pembeli dalam melakukan transaksi melalui website Anda,” pungkas Ridwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: