Ridwan : Blog Dapat Menjadi Alternatif

ridwan.jpgBanyak pengusaha yang masih ragu untuk memanfaatkan internet sebagai media bisnis. Padahal banyak pilihan yang tersedia di internet, dari mulai yang berbayar hingga yang gratis. Berikut kutipan wawancara Simpang5 dengan Ridwan Sanjaya, Dosen Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata.

Bagaimana gambaran pemanfaatan web untuk bisnis di Indonesia?
Pemanfaatan web untuk bisnis di Indonesia semakin lama semakin meningkat. Sepertinya masyarakat bisnis saat ini mulai menyadari manfaat dari penggunaan internet bagi bidang usahanya. Apalagi saat ini biaya internet mulai dianggap lebih murah oleh sebagian besar masyarakat. Namun sebagian besar lebih memanfaatkan web untuk kepentingan profil perusahaan dan pemasaran produk. Hanya sebagian kecil yang menggunakannya sebagai sarana penjualan online. Itupun media pembayarannya seringkali masih terbatas pada transfer bank melalui ATM.
Dari sharing saya dengan para pengusaha, masih ada perasaan takut-takut untuk menggunakan internet sebagai media bisnis. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan mereka terhadap biaya yang harus dikeluarkan dan ketakutan akan gangguan keamanan di dalam websitenya. Padahal jika para pengusaha menggunakan weblog atau blog, biaya yang dikeluarkan bahkan hampir tidak ada. Sedangkan soal keamanan juga tidak perlu ditakutkan. Karena pengelola server web saat ini juga bukan orang-orang pemula yang tidak tahu cara menjaga keamanan kliennya.

Adakah kendala-kendala teknis bagi para pelaku bisnis di internet dilihat dari sudut pandang IT?
Salah satu kendala, belum banyaknya payment gateway atau gerbang pembayaran yang dapat membantu toko-toko online dalam menyediakan media pembayaran untuk setiap transaksi di dalamnya. Sehingga media pembayaran ATM atau transfer bank saat ini lebih menjadi pilihan dalam hal pembayaran, meskipun sebetulnya tidak terlalu praktis. Kendala lain, bisa juga karena penetrasi internet yang belum meluas di Indonesia. Hal ini menyebabkan fokus penjualan yang tidak bisa total ke konsumen Indonesia semata. Namun sebetulnya hal ini bisa jadi pemicu untuk melihat juga pangsa pasar di luar bagi produk-produk yang mereka pasarkan.

Bagaimana idealnya web untuk bisnis?
Sebetulnya tidak ada patokan yang benar-benar ideal. Sebuah web bisnis dapat menggunakan website yang dibangun sendiri, Content Management System (CMS), ataupun Blog. Namun yang terpenting, sebuah web bisnis dapat menjawab kepentingan konsumen atau konsumennya. Selain itu, ada jaminan bagi konsumennya bahwa usaha yang dijalankan berpihak pada konsumen. Selain itu, tersedianya Hot Line Service atau Customer Service yang siap menjawab pertanyaan dari konsumen sewaktu-waktu melalui website maupun media komunikasi lainnya.

Kira-kira perangkat apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis di internet?
Paling tidak, harus ada koneksi internet untuk memantau transaksi yang terjadi. Setiap transaksi yang terjadi biasanya dapat diinformasikan ke pemilik perusahaan melalui e-mail. Dengan bantuan operator telepon selular, e-mail tersebut dapat dikirim ke dalam telepon seluler pemilik usaha. Dengan adanya fasilitas tersebut, pengusaha tidak harus online 24 jam untuk memantau transaksi. Namun untuk memasang website perusahaan di internet, pelaku bisnis paling tidak harus menyewa server web yang online 24 jam. Harganya berawal dari 25 ribu sampai bahkan 500 ribu per tahun. Namun besaran harga sewa ini tidak dapat dijadikan patokan untuk kualitas.

Apakah ada alternatif dengan biaya murah untuk para pengusaha kecil dan menengah dalam menyelengarakan web bisnis?
Ada. Saat ini weblog atau blog dapat menjadi alternatif yang hampir tidak keluar biaya. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan blog yang tersedia gratis di internet seperti blogspot.com, multiply.com, wordpress.com, dan masih banyak lagi. Karena operasionalnya cukup mudah, pengusaha kecil dan menengah bahkan dapat mengelolanya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya lagi untuk tenaga yang khusus di bidang IT.

3 Responses

  1. Sangat mudah bisnis lewat internet punya modal Rp.3000 saja bisa, mau tahu caranya gimana ? dengan 3000 rupiah anda masuk warnet selama 1 jam buat account email, paypal dan daftar member PTC(Paid To Click) … cukup mudah bukan ??

  2. Mohon informasi e-mail pak Ridwan Sanjaya, keperluan untuk mohon saran. tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: