Yuyun: Lebih Sulit Mengelola Toko Offline

yuyun-erawati.jpgHobi mendatangkan rejeki. Mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kiprah bisnis Yuyun Erawati. Kegemarannya berlama-lama di depan komputer untuk mengakses internet tidak sia-sia. Ketertarikannya dengan bisnis di internet, membawanya untuk sekadar mencoba-coba berbisnis di dunia maya. Awalnya dia menjual rumah. Ternyata lumayan efektif, rumah yang dijual bisa laku di internet. Setelah itu Yuyun pun berusaha mengembangkan ke dunia furniture. Karena mempunyai produk-produk furniture yang memang pasarnya untuk international, maka dia pun mengawali bisnis online dengan pembuatan sebuah website. Berikut kutipan wawancara Simpang5 terhadap Yuyun Erawati.

Bagaimana perkembangan toko online Anda dari awal sampai sekarang ini?
Perkembangan toko online saya lumayan bagus. Karena untuk mendatangkan orang agar melihat web kita itu tidaklah mudah. Buat saya, pengunjung web itu sangat penting buat perkembangan kelangsungan toko online. Bisa kita bayangkan, di dunia internet itu berjuta-juta website menawarkan barang yang sama, maka kita harus merasa beruntung kalau setiap hari ada pengunjung yang mau mampir di toko online kita. Sekarang ini, tiap hari ada beberapa pengunjung yang sudah mampir ke toko online saya. Pengunjung-pengunjung tersebut berasal dari berbagai tempat, dari luar maupun dalam negeri sendiri. Banyak yang merespon, menanyakan produk-produk yang kita jual. Dan sudah ada beberapa yang memesan ataupun datang untuk melihat-lihat secara langsung di tempat produksi saya yang letaknya di Jepara.

Apa saja kendala-kendala bagi perkembangan toko online Anda dan bagaimana cara Anda mengatasinya?

Seperti halnya toko offline, toko online pun kita harus memikirkan pesaing-pesaing kita. Persaingan di dunia internet sangatlah kompetitif. Satu produk aja, bila kita ketik kata kuncinya, pasti muncul jutaan website yang menawarkan barang yang sama. Kendala yang dihadapi itu, bagaimana website kita agar bisa didatangi para pengunjung. Itu merupakan kendala yang utama. Karena kalau kita sepi pengunjung, maka kemungkinan kecil sekali toko online kita bisa jalan.

Pembeli di toko online Anda adalah pasar luar negeri, bagaimana Anda mengantisipasi atau menghindari dari penipuan?
Pertama, saya tidak akan mengirimkan sample ataupun katalog lewat kiriman udara, karena bisa saja mereka hanya minta-minta katalog dari berbagai website, tapi kita yang disuruh bayar untuk biaya pengirimannya, padahal biaya pengiriman keluar negeri itu tidak lah murah. Kedua, kalau mereka mau order, haruslah membayar 50 persen untuk DP, mereka harus transfer terlebih dahulu, sebelum uang kita terima, kita tidak akan melakukan proses roduksi barang yang mereka akan order. Ketiga, saat barang sudah siap kirim, mereka harus kirim uang pelunasan dulu. Nah, cara-cara itu yang saya terapkan untuk menghindari penipuan.

Apakah Anda menjadikan toko online anda sebagai pekerjaan utama atau hanya side job saja, bisa ceritakan alasannya?
Dulu pada awalnya memang side job, tapi sekarang menjadi fifty-fifty buat saya, karena bisnis yang ada di dunia nyata itu banyak terdukung pula oleh toko online yang saya punya.

Menurut Anda, lebih sulit mana mengelola toko online dibanding dengan toko offline?
Jujur saja, menurut saya, lebih sulit mengelola toko offline daripada toko online, karena banyak yang harus dipersiapkan, misalnya tempat, modal, barang-barang yang hendak dijual, pegawai-pegawai dan lain sebagainya.

Untuk ke depan apakah Anda akan mengembangkan toko online Anda, seperti untuk produk-produk selain yang Anda jual sekarang? Jika iya produk apa yang ingin Anda jual?
Iya, saya memang berminat sekali mengembangkan toko online saya, bukan hanya satu produk saja, saya sedang mempersiapkan beberapa produk lain, yaitu kebaya, baju-baju remaja, juga produk bantal dan guling dari dacron.

3 Responses

  1. Sangat menarik…tapi sayang gak dibahas bagaimana menjalankan toko online-nya itu sendiri.

    salam

  2. salam kenal

  3. mantab maju terus UKM goes online…
    pemilihan kata kunci yang tepat bisa meningkatkan peluang pengunjung prospek jadi buyer…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: