Tripang Makanan Favorit Saat Imlek

tripang-imlek.jpgMakanan satu ini mungkin belum banyak yang mengenal. Tripang atau timun laut memang belum sepopuler seafood lainnya seperti cumi-cumi, udang, atau kerang. Namun bagi masyarakat Tionghoa, tripang sudah tak asing lagi. Menjelang Imlek atau tahun baru Cina, hewan ini semakin banyak dicari untuk campuran membuat sup atau cap cay.

Tripang yang biasa hidup di dasar laut ini memang hanya dapat diperoleh secara musiman. Setiap harinya, tripang ini biasa dipasok ke restoran-restoran. Namun saat Imlek, hewan berbentuk lonjong ini semakin banyak laris. Menurut Hwie Swan, salah seorang penjual timun laut di Jalan Gang Baru No 67 Semarang, setelah diambil dari laut, tripang biasanya dibakar sampai gosong.

Selanjutnya, hewan tersebut dibersihkan dan direndam dalam air agar empuk. “Agar lebih awet, bisa juga direbus. Tapi maksimal hanya tahan 2 hari, setelah itu kualitasnya sudah berkurang,” jelasnya. Selain enak dimakan, hewan ini juga diyakini punya seumlah khasiat bagi kesehatan. Yaitu mengurangi pengapuran, menjaga saluran pencernaan, dan baik untuk pernafasan.

Harga tripang tergantung dari jenis dan lama tripang tersebut disimpan sebelum diolah menjadi masakan. Jenis yang termurah dapat dibeli dengan harga Rp 100.000/kilo. Namun khusus untuk hari besar seperti Imlek, tripang kualitas istimewa banyak dicari. Harganya mencapai Rp 500.000/kilo. Cukup mahal memang, karena per kilonya hanya terdiri dari sekitar 3 ekor tripang.

Saat Imlek, hewan ini banyak dicari untuk dimasak menjadi sup, angsio, atau cap cay. Menu-menu tersebut biasa dimakan saat warga Tionghoa merayakan Imlek di rumah, berkumpul dengan keluarga atau kerabat lainnya. “Rasanya kenyal seperti koyor,” kata dia. Nah, tertarik mencoba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: