SOHO, Alternatif Solusi Bekerja yang Tepat

BEKERJA di rumah bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin memulai usaha. Pertimbangannya tentu lebih menghemat biaya untuk properti, karena tidak perlu menyewa atau membeli ruang untuk kantor. Selain itu dengan bekerja di rumah kita juga bisa menawarkan solusi untuk hidup hemat energi, karena kita relatif tidak banyak menggunakan transportasi untuk mobilitas.

Tidak hanya itu, dengan bekerja di rumah, bagi para Bapak tentu lebih bisa membagi waktu untuk bekerja, keluarga, dan bersantai. Sedangkan bagi para Ibu, tetap bisa berkonsentrasi pada keluarga tanpa meninggalkan kesibukan bekerja. Bagi yang belum berkeluarga tentu akan lebih banyak waktu untuk bersama orangtua tanpa harus meninggalkan profesionalisme dalam pekerjaan.

Beberapa orang yang bekerja di rumah ketika dimintai pendapatnya, mengungkapkan hal yang tidak jauh berbeda, Fany Ariasari misalnya. Wakil Direktur sekaligus salah satu Owner CV Barito Prima ini mengungkapkan, dengan bekerja di rumah beberapa keuntungan bisa didapat. Di antaranya, hemat biaya transportasi, tidak perlu stress dengan kemacetan di jalan, hemat biaya operasional, dan tidak perlu sewa gedung. Selain itu waktunya lebih fleksibel tidak terbatas jam kantor, bahkan justru bisa melayani pelanggan hingga hari libur dan 24 jam.

Sedangkan Kurniaji Satrio, konsultan telematika mengungkapkan, “Sebenarnya bagi konsultan telematika, kantor merupakan sebuah tempat berkumpul dan berkoordinasi bagi programmer, akan tetapi sebuah kantor haruslah mencerminkan tempat usaha yang layak dan serius, untuk itu saya sendiri membuat kantor di rumah tetapi bukan jadi satu dengan rumah, melainkan bagian terpisah dari rumah. Sehingga untuk urusan pekerjaan tidak terganggu dengan urusan rumah tangga.”

Di dunia bisnis bekerja di rumah disebut dengan istilah Small Office Home Office (SOHO), jika diistilahkan dengan Bahasa Indonesia menjadi RuKanCil (Rumah Kantor Kecil). Bisnis yang basisnya SOHO tidak melulu berorientasi uang, tapi cenderung ke pendidikan dan hobi. Ambil contoh saja pekerjaan seperti penulis, penerjemah, dan desainer grafis. Jika dikelola dengan baik akan menghasilkan income tanpa harus keluar rumah.

“Banyak sekali usaha yang bisa dilakukan secara home office, tetapi biasanya memang UMKM atau usaha yang skalanya small-medium business. Misalnya membuka bisnis katering, bisnis kerajinan tangan, atau juga di bidang IT bisa buka warnet kecil dan rental komputer. Bisa juga untuk office usaha-usaha online, seperti butik atau toko online. Pemilik usaha toko online kan tidak perlu mempunyai gallery atau toko di mall untuk memajang produk-produknya, jadi mereka bisa menjadikan rumah sebagai home office,” jelas Fany Ariasari yang bergerak di bidang jasa penyediaan tiket kapal laut, baik offline maupun online.

Konsep SOHO membutuhkan kedisiplinan dalam time management, karena harus bisa memisahkan kepentingan rumah dan pekerjaan. Bekerja di rumah sangat susah dibedakan jam ngantornya. Sehingga penting untuk menanamkan pengertian serta kedisiplinan bagi seluruh anggota keluarga demi mempertahankan waktu produktivitas yang efektif. “Bagi kami hal yang terpenting dan harus dilakukan adalah, memisahkan kepentingan pekerjaan dan keluarga. Pada waktu awal mungkin susah, akan tetapi perlu diberi pengertian pada keluarga agar tidak mencampuri urusan pekerjaan begitu pula sebaliknya,” tandas Kurniaji Satrio.

Soal time management dengan keluarga bisa jadi tiap keluarga berbeda kondisinya. Jika orang lain membutuhkan time manajemet yang ketat belum tentu keluarga lain juga membutuhkan hal yang sama. Nina Setyaningsih, Editor Penerbit Salemba yang juga masih kuliah di program Pascasarjana Universitas Diponegoro termasuk yang tidak mengalami masalah time manajement dengan keluarga. “Sebenarnya tidak ada masalah antara pekerjaan dengan keluarga. Yang sering jadi masalah saya adalah karena saya juga kuliah, dan kebetulan sedang banyak ujian atau tugas sedangkan atasan memberikan pekerjaan dengan deadline mepet. Jadi harus pandai-pandai membagi waktu. Jadi tinggal bagi waktu saja, kalau pagi mengerjakan pekerjaan, sorenya mengerjakan tugas, atau sebaliknya,” jelas Nina.

Apapun pekerjaannya yang jelas konsep SOHO memang banyak memberikan keuntungan. Karena itu selama masih memungkinkan untuk berkantor di rumah ada baiknya untuk tetap berkantor di rumah. Dan bagi yang ingin memulai usaha Anda tentu bisa mempertimbangkan konsep SOHO ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: