Geliat Bisnis Sentra Keramik Sigar Bencah

sigar-bencah.jpgNama keramik Sigar Bencah barangkali sudah tidak terdengar asing di telinga warga Semarang. Keramik yang menggunakan tanah Sigar Bencah (daerah Tembalang, Semarang, Jawa Tengah) sebagai bahan bakunya ini memang memiliki berbagai kelebihan. Selain model dan warnanya yang unik, keramik Sigar Bencah juga lebih mudah dibuat dibanding keramik pada umumnya. Anda Ingin coba?

Belajar membuat karya seni seperti keramik memang mengasyikkan. Pengalaman itu setidaknya muncul jika kita pernah mengikuti workshop pembuatan keramik Sigar Bencah yang kerap diadakan Roy Wibisono(35), peneliti sekaligus pemilik usaha keramik Sigar Bencah, Semarang. Memang, selain menekuni produksi keramik berjenis stone ware, Roy juga mengembangkan usahanya sebagai sarana pendidikan, penelitian serta wisata.

Para peserta pelatihan umumnya belajar secara bertahap mulai dari pengenalan bahan baku dan alat produksi, proses pembentukan, proses pengeringan, proses pengglasiran hingga proses pembakaran. Tidak ada latar belakang khusus yang disyaratkan oleh Roy bagi para peserta pelatihan. “Keramik memadukan seni dan teknologi, bisa dipelajari oleh siapa saja,” ujar Roy yang pernah memberikan pelatihan kepada anak-anak playgroup hingga mahasiswa S3 ini.

Selain menggunakan bahan baku tanah Sigar Bencah, Roy kini juga bereksperimen menggunakan bahan lain seperti abu gunung Merapi dan lumpur lapindo Sidoarjo. Berbagai model dan jenis keramik pun bisa dibuat sesuai keinginan di sentra keramik ini. “Disini masyarakat umum dapat belajar bagaimana memproduksi keramik menggunakan bahan baku yang mudah didapat, murah dan relatif cepat dalam pembuatannya,” kata Roy menjelaskan.Nah, siapa mau belajar?

3 Responses

  1. w..ingin belajar tentang karya seni keramik
    karna tu cita2 w tuk buka perusahaan keramik nanti..ya?
    kota w d Medan….
    di mnakh w isa beljr?

    Thanks.

  2. pengennn, neee

  3. bangga bisa pernah magang di sigar bencah keramik..
    terima kasih untuk pengarahan dan ilmunya pak roy wibisono.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: