Baron, Pelopor Rumah Makan Apung di Semarang

Tak seorang pun pernah menduga jika kawasan yang dahulunya dikenal sebatas sebagai tambak bandeng, sekarang menjadi salah satu daerah wisata kuliner yang paling ramai di Kota Semarang. Diawali oleh seseorang yang mencoba mengubah citra tambak yang panas, gersang dan berlumpur, jauh dari keramaian kota, menjadi tempat rekreasi pemancingan sekaligus gubug makan lesehan khas bandeng. 

Dialah yang pada tanggal 1 Januari 2011 mendirikan bangunan berbentuk joglo dan luasnya hanya 8 x 10 m2, berbahan bambu beratapkan alang-alang, yang diberi nama Pondok Lesehan Bandeng dan Rekreasi Pemancingan “Baron”. Sekaligus menjadi rumah makan apung yang pertama dan satu-satunya di Kota Semarang pada waktu itu.

Keistimewaan Baron adalah berani menampilkan menu tunggal yaitu ikan bandeng, yang notabene disukai sekaligus tidak disukai, karena banyak duri-duri halusnya. Berkolaborasi dengan istrinya yang memang ahli memasak, berhasil menciptakan olahan bandeng segar (bukan presto) yang dapat dimakan tanpa susah dan repot dengan duri-duri halusnya.

Menu yang ditampilkan pada saat itu adalah Bandeng Bakar, Bandeng Goreng, Bandeng Bumbu Bali, dan Bandeng Kropok. Tak lekang dengan bergulirnya waktu, justru Bandeng Kropok menjadi favorit, bahkan seolah-olah menjadi iconnya Baron. “Jika ke Baron jangan lupa mencoba Bandeng Kropoknya. Bandeng Kropok Baron tidak ada duanya di Semarang,” kata seorang pengunjung Baron ketika dimintai komentarnya.

Resep Bandeng Kropok itu sendiri sebetulnya adalah menu tempo dulu yang diperkenalkan kembali. Kenikmatannya sangat khas, terutama pada sausnya yang merupakan perpaduan rasa asam, manis, dan asem. Ditambah aroma jeruk limau yang harum, menggugah selera makan Anda untuk segera menyantapnya.

Seiring bermunculannya rumah makan sejenis tidak membuat surutnya pengunjung Baron, tapi justru makin berkembang pesat dengan menampilkan bermacam-macam variasi menu:

  • Kepiting Lemburi merupakan hasil budidaya, yang digoreng dengan tepung, menghasilkan menu yang renyah kemripik, dimakan berikut cangkangnya yang lunak.
  • Gurami Bakar, spesial dengan aroma bumbu bakar yang tidak dapat dijumpai dimana pun. Juga ada Gurami Asam Manis, dan variasi lainnya.
  • Sup Bandeng dan Sup Gurami, ini adalah menu terbaru, begitu diperkenalkan langsung mendapat respon bagus dari pengunjung
  • Udang, Cumi, Srimping, dan bermacam olahan lainnya

Sambil menikmati hidangan, Anda dihibur alunan live music solo organ dari lagu dangdut hingga sweet memory, dalam hembusan angin laut yang semilir dan dikelilingi suasana air yang tenang. Bagi yang ingin menunaikan ibadah sholat juga disediakan fasilitas mushola yang nyaman.

Kenyamanan Anda menjadi prioritas utama adalah semboyan dari Baron:

  • Nyaman dalam memanjakan lidah Anda dengan kualitas rasa yang pas dengan selera
  • Nyaman dengan service atau pelayanan yang cepat dan tepat
  • Nyaman dengan suasanya santai, bebas, familiar, dan nonformal
  • Nyaman dengan kebersihan yang selalu terjaga

Juga hal yang terpenting adalah selalu ada terobosan-terobosan baru.

Buka dari pukul 10.00 – 21.00 Anda bisa reservasi tempat dulu atau langsung datang. Ada beberapa tempat disediakan dalam kapasitas yang berbeda:

  • Gazebo disediakan bagi keluarga kecil 8 – 10 orang
  • Ruang Utama bagi Anda yang datang dengan rombongan 50 – 60 orang
  • Hall dengan kapasitas sekitar 200 orang
  • Ruang AC bisa digunakan untuk meeting/rapat, pertemuan, perayaan ulang tahun, dan lainnya.

BARON – Pondok Lesehan Bandeng & Rekreasi Pemancingan
Jl. Puri Anjasmoro Blok N1 Semarang
Telp. 024-7618842 / 0888 2 8888 42

About these ads

2 Responses

  1. luar biasa Rumah makannya semoga laris manis, banjir order, tambah ramai, dan bisa terkenal di seluruh Indonesia, salam sukses dari http://tissuerollmurah.blogdetik.com menyediakan segala kebutuhan tissue untuk bisnis anda

  2. Mahal banget.. Es teh per gelasnya 8.000,- , nasi 1 bakul kecil 40.000,- . Nggolek bathi gak gawe utek !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

%d bloggers like this: