Lezatnya Nasi Tumpang Koyor

Bagi yang sudah pernah berburu kuliner di daerah Salatiga pasti pernah mencoba kenikmatan Nasi Tumpang Koyor, makanan lezat ini memang khas dari Salatiga. Rasa nikmat Nasi Tumpang Koyor ini terletak pada kombinasi “sambal tumpang” dengan irisan sayuran rebus berupa daun pepaya, daun ketela, daun keningkir, kacang panjang, tauge dan tidak ketinggalan irisan daging pepaya muda. Kemudian di atasnya disiram dengan sambel tumpang yang terbuat dari bahan dasar tempe semangit, tahu, dan krecek yang dikombinasi dengan kuah santan.

Cita rasa tradisional begitu terasa pada masakan ini, karena disajikan di atas daun pisang. Aroma daun pisang terkena nasi panas juga ditambah taburan krupuk gendar benar-benar menggoda selera. Apalagi saat kita merasakan pedasnya lombok setan yang begitu terasa di lidah. Bagi penggemar daging koyor, akan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan koyor bumbu lombok ijo sebagai tambahan lauknya. Sekarang untuk menikmati lezatnya nasi tumpang koyor kita tidak perlu jauh-jauh ke Salatiga, kita bisa menuju ke Warung Nasi Tumpang Koyor di Jalan Gajahmada 61-A Semarang, tepatnya di samping kanan Hotel Gumaya.

Warung Nasi Tumpang Koyor ini merupakan satu-satunya dan pertama di Semarang. Tidak mengherankan meski baru dibuka beberapa bulan lalu, langsung diserbu para penggemarnya. Apalagi Nasi Tumpang Koyor yang disajikan, sama persis dengan di daerah asalnya. Di kota asalnya, sambal tumpang memang lebih nikmat ditambahi daging koyor, ini pula yang ditawarkan di Nasi Tumpang Koyor Jalan Gajahmada Semarang. Selain itu, kita juga bisa mencoba menu khas lainnya, seperti nasi pecel, dan nasi tumpang srundeng daging — ini sama dengan nasi tumpang koyor hanya saja lauk koyornya diganti srundeng daging.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, untuk satu porsi rata-rata dibanderol kurang dari Rp 10 ribu. Nasi Tumpang Koyor misalnya, satu porsi bisa kita nikmati hanya dengan Rp 6 ribu. Sudah khas dan nikmat, murah pula. Tertarik untuk mencoba kenikmatannya? Tiap hari Nasi Tumpang Koyor ini buka mulai pukul 17.00 – 23.00.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

%d bloggers like this: